Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna untuk memperkenalkan bagaimana keadaan sekolah kepada  peserta didik baru.

Masa orientasi biasa dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada misalnya Ekstra kurikuler yang rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Kegiatan MPLS di SMA Dwijendra Denpasar berlangsung selama satu minggu dari tanggal 10-16 Juli 2017. Adapun kegiatan yang diadakan sebagai berikut

  1. Upacara pembukaan MPLS bersama yayasan Dwijendra Denpasar.
  2. Perkenalan guru.
  3. Ceramah-ceramah dari beberapa intansi terkait.
  4. Penumbuhan budi pekerti, kesadaran berbangsa dan bernegara.
  5. Serangkaian acara out bound ke Bedugul.
  6. Sisya upanayana atau pawintenan (penerimaan siswa secara niskala).
  7. Bakti sosial lingkungan sekolah.
  8. Tirta gemana ( Pura Masceti & Pura Goa Lawah).

MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *